Bilqis Hafal Huruf & Angka

Hari ini anakku Bilqis bersama anak tetangga Rafi tampil mengemaskan. Betapa tidak, mereka berdua terpaut usia cukup jauh, berlari-lari di depan halaman rumah sambil berpegangan tangan. Saya ketawa melihatnya. Soalnya, Rafi yang usianya lebih muda dari anakku, membawa Bilqis kesana kemari tanpa berhenti. “Yuuuk” begitu kata Rafi kepada Bilqis sambil berpegangan tangan. Jiwa lelakinya muncul. Ingin melindungi Bilqis. Saat Bilqis membawa snack. Rafi mencoba membantu. “Buka” Namun, karena masih terbatas Rafi pun berucap, “Wuhh enggak bisa” ucap Rapi yang terdengar belum sempurna ucapannya.

Keduanya jarang main diluar rumah. Bilqis sekali-kali suka main diluar begitu juga dengan Rafi. Kalau Bilqis meskipun jarang main keluar, di rumah anakku banyak sekali aktifitasnya. Mulai dari buka-buka buku cerita, belajar huruf, angka, mengambar, main game online, dll. Alhamdulilah hasilnya cukup menyenangkan. Diusianya sekarang yang menginjak 3 tahun bulan Januari 2008 nanti, Bilqis sudah bisa hafal huruf A s/d Z, 1 s/d 10, huruf hijaiyah, angka dalam bahasa inggris.

Tidak mudah memang mengarahkan anak untuk belajar. Bilqis termasuk anak yang ulet, sehingga apa yang sudah dikenalkan ia terus “mengalinya”. Ia berusaha untuk mengenalnya. Bilqis termasuk anak yang segala pingin tahu. Memasang Lego pun Bilqis sudah mulai sedikit-sedikit bisa. Apalagi kalau main Puzzle, Bilqis sudah mulai pintar memasangnya. Kini dia lagi senang banget kalau bongkar pasang Puzzle.

Menyebut huruf juga sekarang sudah mulai menyebutkan contoh kalimatnya. Misalnya, A a (Anggur, Apple), B b (Bola, Bulan), C c (Celana, Coklat). Contoh-contoh ini disajikan dalam DVD. Bilqis suka banget dengan DVD ini. Makanya dia cepat hafal huruf-huruf. Koleksi DVD Bilqis lumayan banyak, mulai dari Barney, Twenies, lagu-lagu anak, mengenal huruf Hijaiyah, dll.

Suatu hari Bilqis pernah membuka buku tentang mengenal huruf dan contoh kata benda beserta gambarnya. Disitu disebut A anggur, B bulan, pas huruf C contoh gambarnya celana, Bilqis malah menyebut C Acing (celana dalam bahasa sunda), kami semua yang mendengarnya tertawa-tawa. ***(SG)

Komentar

Unknown mengatakan…
tambah keren & produktif postingannya. jangan bosen kirim kabar/info ke email kah
Wonderful Life mengatakan…
tks Kah. Sambil belajar sedikit-sedikit. Ok nanti aku kabar-kabari lagi infonya. Sekali lagi Tks.