Momofuku Ando Penemu Mie Instan Modern

Mie instan yang biasa kita makan ditemukan Momofuku Ando asal China. Momofuku Ando, lahir dengan nama Gô Peh-hok 5 Maret 1910. Dia adalah pendiri dan ketua Nissin Food Products Co.,Ltd serta sebagai penemu mie instant modern. Ando adalah warga negara Republik China dan dilahirkan di Chiayi, Provinsi Taiwan, Republik China. Ia dibesarkan sebagai seorang anak yatim di Kota Tainan. Ia pindah ke Jepang pada usia 23 tahun. Pada 1948, Momofuku Ando mendirikan apa yang kemudian menjadi Nissin di Ikeda, Osaka, Jepang. Mulanya perusahaan ini hanyalah sebuah perusahaan keluarga kecil.
Pada 25 Agustus 1958, pada usia 48 tahun, dan setelah berbulan-bulan melakukan percobaan trial and error, Ando mengumumkan bahwa akhirnya ia berhasil menyempurnakan metode penggorengan kilatnya dan karena itu juga menciptakan mi instan. Produknya yang mulanya dinamai Chikin Ramen, sesuai dengan rasa aslinya, mulanya dianggap sebagai makanan mewah dan harganya enam kali daripada mi tradisional non-instan udon dan soba. Ando mulai menjual mi gelas pada 18 September 1971. Ketika harganya menurun, ramen dengan segera menjadi bisnis yang meledak. Diperkirakan 70 milyar porsi dijual pada 2004.
Pada 1964, Ako yang berusaha mencari jalan untuk mempromosikan industri mi instan, mendirikan Perhimpunan Industri Makanan Siap Saji, yang menetapkan pedoman untuk kompetisi yang adil dan kualitas produk, memperkenalkan sejumlah standar industri seperti misalnya pencantuman tanggal produksi dalam bungkusannya. Museum Ramen Instan Momofuku Ando diberi nama sesuai nama Ando.Ando juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Pabrik Ramen Internasional (International Ramen Manufacturers' Association).
Ia meninggal dunia pada 5 Januari 2007 karena gagal jantung di Prefektur Osaka pada usia 96 tahun. Setelah wafatnya, komik web Piled Higher and Deeper dipasang untuk menghormatinya. Ando meninggalkan seorang istri, Masako, dua orang anak lelaki dan seorang anak perempuan.(SG)***

Komentar